ad

Ini Jadinya Jika Gudang Amunisi TNI Sampai Meledak!



Geloranusa - Ledakan gudang amunisi Markas Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL, Pondok Dayung, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, melanda pada Maret 2014 yang lalu, mengakibatkan Pusat Pendidikan (Pusdik) Pol Air mengalami kerusakan. 70 persen Pusdik Pol Air mengalami kerusakan hingga 70 persen.

Hampir seluruh plafon bangunan yang terbuat dari gipsum jebol ditembus oleh atap bangunan yang roboh. "Kerusakan mencapai rata-rata 60 sampai 70 persen kerusakannya dan ada kejatuhan atap, tembus sampai bawah. Kerangka patah menembus plafon gipsum. Ada yang mengenai lantai dan meja," ujar Kepala Pusdik Pol Air, Kombes Pol I Wayan Sunartha, Kamis (6/3/2014).

Menurutnya, bangunan yang terkena imbas ledakan antara lain; gedung utama, ruang staf hingga gedung olahraga dan kantin. Bahkan ruangan Nyoman mengalami kerusakan.

"Ada 18 titik yang mengalami kerusakan, gedung utama kita rusak. Aula sebelah ruangan saya kacanya pecah. Staf dan ruang makan, bangunan olahraga. Semua plafon dari gipsum jebol," tuturnya.

Untuk saat itu, pihaknya langsung menghitung total biaya kerugian dari ledakan gedung amunisi milik TNI AL tersebut. Selanjutnya, dia memanggil ahli untuk mengecek kondisi bangunan apakah masih layak atau tidak.

"Tim ahli sedang membersihkan. Mungkin dari PU akan digandeng melihat bentuk kerusakan," lanjutnya.

Satu prajurit TNI AL tewas dalam insiden meledaknya gudang amunisi di Markas Komando Pasukan Katak TNI AL, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Diketahui, korban adalah Sertu Iman dari kesatuan Fasharkam Dantamal III. satu korban luka parah, Serka Midi dari kesatuan Fasilitas dan Pemeliharaan juga masih mendapat perawatan intensif di ruang ICU.

Untuk siswa Pusdik sendiri, Nyoman menegaskan semua selamat tanpa adanya korban atau cedera ringan. "Tidak terluka. Kondisi saat kejadian memang panik. Tapi kita tenang, setelah itu kita baru evakuasi baru keluar. Termasuk personel saya aman semua," katanya.

Menurutnya, salah satu personel polisi yang luka adalah Kanit Provost Pusdik Polair Lemdikpol Iptu Muhammad Isa yang mengalami luka pada pergelangan tangan kanan. Namun, tak lama kondisi Iptu Muhammad Isa sudah membaik.

Pantauan merdeka.com kala itu, sejumlah bangunan di DitPol Air Polda Metro Jaya dan Pusdik Mabes Polri terutama atapnya mengalami kerusakan parah bahkan ambruk. Selain itu, beberapa kapal di sekitar tersebut juga mengalami kerusakan di bagian badan kapal. [dan]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Jadinya Jika Gudang Amunisi TNI Sampai Meledak!"

Posting Komentar