ad

KRI Untung Suropati Gagalkan WNI yang Hendak Bajak Kapal Singapura



GELORANUSA.COM. Kapal Republik Indonesia (KRI) Untung Suropati 372 milik TNI AL secara gesit langsung bergerak dan berhasil menyelamatkan kapal berbendera Singapura MV Hai Soon 12, Senin (9/5/2016) di perairan Tanjung Puting Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto dalam sebuah keterangan tertulis (Selasa, 10/5/2016) menyebutkan TNI AL langsung mengerahkan KRI Untung Suropati setelah memperoleh informasi dari Badan Keamanan Laut (Bakamla).

"Kita langsung bergerak, dan melakukan pengejaran dan shadowing terhadap MV Hai Soon 12. Akhirnya TNI Angkatan Laut berhasil menggagalkan perompakan dan mengamankan sembilan orang pelaku kejahatan," kata Edi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, ungkap Edi, pelaku perompakan terhadap kapal Singapura MV Hai Soon 12 adalah 9 orang Warga Negara Indonesia (WNI).

Sebelumnya, Kapal MV Hai Soon 12 terdeteksi berlayar dari Singapura dengan tujuan Dumai. Kapal hilang komunikasi ketika melintasi perairan Selat Karimata.

"Akhirnya melalui data yang diperoleh dari Automatic Identification System (AIS) kapal tersebut terdeteksi di wilayah Perairan Tanjung Puting dengan nama yang sudah diubah menjadi KM AISO oleh para perompak," kata Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto.

Kapal MV Hai Soon 12 bermuatan 200 Kilo Liter Minyak. Para perompak berniat memindahkan muatan MV Hai Soon 12 tersebut ke kapal berbendera Malaysia MT Marine Gas Oil.

Saat ini 9 orang perompak telah ditahan di KRI Untung Suropati-372. Guna penyelidikan lebih lebih lanjut, mereka akan dibawa ke Surabaya.

Kadispenal mengatakan, TNI Angkatan Laut akan terus menjaga keamanan di perairan Indonesia.

"TNI Angkatan Laut terus menggelar patroli guna menjaga keamanan di wilayah teritorial Indonesia," pungkas Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto.

SUMBER: http://www.inddit.com/s-e1zjg6/kri-untung-suropati-tni-al-gagalkan-perompakan-kapal-singapura

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KRI Untung Suropati Gagalkan WNI yang Hendak Bajak Kapal Singapura"

Posting Komentar